DAERAH

Pasar laino Raha,Riwayatmu kini…

a

Kondisi pasar laino raha pada saat musim hujan.Photo by ll

Raha,21/5/2018.Kabarpersada.Pembenahan Pasar Laino agar tak tampak kumuh, belum sesuai harapan. Pembangunan gedung pasar modern tersebut justru tak unjung tuntas, meski sudah dikerjakan sejak 2015 lalu. Potret kumuhnya pasar terbesar di Muna itu semakin bertambah, sebab akses jalan rusak parah, ditambah sampah berserakan dan tak terurus. Anggota Asosiasi Pedagang Pasar Laino, Taha, mengaku, sudah berulang kali menyuarakan perbaikan pasar yang berdiri sejak tahun 1992 itu, namun belum kunjung ditanggapi.

Pengelolaan pasar laino nampaknya belum maksimal,hal ini nampak dari banyaknya sampah yang berhamburan nyaris disetiap sudut pasar,dinas lingkungan hidup sebagai instansi yang palimh bertanggung jawab mengatasi masalah tersebut dinilai tidak mampu mengatasi masalah sampah dipasar itu.

memasuki bulan ramadhan ini,Akibat kondisi jalan dan banyaknya sampah di pasar laino,hal ini menjadi momok bagi pengunjung dan pedagang.kepada tim KabarPersada,pembeli dang pengunjung angkat bicara,Mahafia salah satu penjual buah mengatakan harusnya pemerintah bisa mengadakan fasilitas penunjang sampah seperti tong sampah,karena setiap harinya sampah selau ada.bila ada tong sampah masarakat akan langsung membuangnnya ke dalam tong sampah”pungkasnya.

Dengan tidak adanya tong sampah akhirnya masarakat membuang sampahnya di sembarang tempat.Senada dengan itu salah satu pengunjung  saat diminta keterangan oleh Kabarpersada La punu mengatakan ” pemerintah daerah setiap hari harusnya dapat mengangkat sampah karena pasar tidak luput dari sampah atau pemerinta dapat menyediakan tong sampah.Ujarnya

29683628_139816500188483_5495364322353601330_n

Kondisi jalanan pasar sentral Laino raha

Hal ini tentu berbanding terbalik dengan konsep ” Mai Te Wuna ” yang di gembar gemborkan Bupati Muna Rusma Emba,yang intinya mengajak masyarakat luar untuk datang ke Kab. muna,sementara Insfrastruktur utama seperti pasar laino masih terbengkalai bahkan jauh dari harapan bahkan dikatakan tidak layak

Pembangungan pasar moderen yang dianggap menjadi solusi bagi pengunjung dan pedagang pasar laino raha sampai hari ini juga masih jauh dari harapan dan bahkan masih menyimpan sekelumit masalah mengenai pembiayaan lanjutan MegaProyek Pasar laino raha. (*ar )

Iklan

Kategori:DAERAH, GO GREEN, MUNA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.