Catatan inspiratif

“Bangkitnya Generasi Peradaban Baru”

44444

Adhyn Haq bersama Tokoh Pemuda Kecamatan Tongkuno

Oleh :

 SIRAJUDDIN HAQ S.Sos. TENAGA AHLI PEMBANGUNAN PARTISIPATIF P3MD SULTRA

Assalam Alaikum Warahmatulahi Wabarakatu,

Saya tidak lebih adalah seorang anak yang terlahir dari kampung yang jauh dari kota yang hidup sederhana yang terdidik dari keluarga yang sederhana pula. Namun dari kesederhanaan tersebut terpatri dalam jiwa saya niat yang besar untuk berjuang bisa bermanfaat pada orang banyak, dengan melihat kondisi sosial masyarakat setiap momentum hanya menjadi alat dan obyek politik bagi para pencari kekuasaan dengan dasar ini muncullah Ide Gagasan dan Konsep bagaimana bisa membangkitkan Generasi Muda dan para tokoh untuk merubah paradigma berpikir serta pola sikap bagaimana ke depan tidak lagi menjadi obyek tapi menjadi subyek dalam mengambil peran peran strategis dalam pembangunan daerah sehingga lahirlah Gagasan bahwa daerah ini di butuhkan GENERASI PERADABAN BARU.

Momentum Pemilihan calon anggota legislatif 2019 adalah jalur masuk untuk terlibat dalam pengambilan kebijakan pada pembangunan daerah dan ini merupakan bagian dari ujian solidaritas dan kekompakan generasi yang peduli terhadap kemajuan daerah serta wilayah kita karena seorang anggota legislatif di lahirkan untuk memperjuangkan pembangunan di wilayah dapilnya dan konstituen yang memilihnya . Daerah pemiliham IV Kabupaten Muna adalah salahsatu wilayah yang berbatasan langsung dengan kabupaten Buton Tengah ini harus menjadi perhatian penuh dari pemerintah daerah dan harus menjadi wilayah yang menjadi prioritas pusat pembangunan baik infrastruktur maupun pembangunan sumber daya manusia.

Letak geografis dan kondisi wilayah yang terdiri dari daratan dan kepulauan (pesisir) ini butuh kajian dan analisis potensi untuk mengembangkan wilayah ke depan,karakterisitik masyarakat yang cenderung beragam serta kemampuan SDM yang sudah memiliki kemajuan menjadi factor pendukung di lakukannya terobosan pembangunan dan di butuhkan sosok generasi muda yang mengenal betul persoalan di wilayah kita. Kecamatan Tungkono,Tongkuno Selatan, Bone dan Marobo adala kesatuan wilayah yang tidak bisa di pisahkan baik secara kultur maupun letak geografis serta ikatan emosional masyarakatnya oleh nya itu momentum pilcaleg 2019 ini perlu penyatuan VISI ,Ide Gagasan dan Konsep untuk mendorong pelaksanaan pembangunan di wilayah kita agar bias sejajar dengan wilayah lain di Kabupaten Muna.

Beberapa Persoalan yang menjadi perhatian pemerintah daerah diantaranya :

1.Kondisi jalan yang rusak dan tidak memadai terutama jalan yang menghubungkan antara Desa

2.Kehidupan masyarakat Petani perlu di kembangkan

3.Kehidupan masyarakat Nelayan di pulau dan pesisir perlu mendapatkan perhatian khusus

4.Kondisi kebutuhan listrik masyarakat perlu di tuntaskan terutama di wilayah pesisir

5.Kondisi sarana komunikasi belum maksimal

6.Fasilitas pelayanan kesehatan masyarakat di pesisir perlu di tingkatkan

7.Kebutuhan tenaga kesehatan yakni dokter wajib di adakan.

Beberapa persoalan di atas bukan hal yang mudah di wujudkan tetapi di butuhkan seorang legislator yang mampu berkomunikasi secara personal dan politik kepada pemerintah dalam hal ini bupati agar daerah kita menjadi skala prioritas dalam menggenjot pembangunan daerah, Seorang legislator yang akan mewakili kita harus mampu memperjuangkan aspirasi rakyat di dapilnya dan harus berafiliasi dengan kekuasaan dalam hal mendorong kebijakan mengarah kepada kebutuhan di wilayah kita.

Generasi muda harus mampu menjawab tantangan ini dan saatnya menyatukan kekuatan untuk bersama membangun wilayah kita dengan berjuang bersama melahirkan dan mendudukan generasi muda lokal agar manjadi tulang puggung aspirasi masyarakat di wilayah kita. Pertanyaan nya apakah kita sanggup menyatukan langkah dan pilihan kita ataukah kita akan membiarkan wilyah kita reobobk obok oleh manufer orang orang yang meiliki kepentingansesaat dan akan menyesatkan secara jangka panjang ????

Saya Pribadi sebagai salah seorang penggiat desa yang selama ini bekerja di luar muna dan berniat pulang kampung untuk berbakti pada tanah kelahiran.Bagian dari sekian banyak generasi muda yang mau berkompetisi di pilcaleg 2019.Sudah saatnya kita mengambil peran dalam pengambian kebijakan di kabupaten muna ini bukan lai saatnya kita menjadi penonton atau penggembira,,,

“MARI BERSATU BANGKIT BERSAMA PEMERINTAH DAERAH UNTUK KEMAJUAN WILAYAH KITA”

 

By : Adhyn Haq

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.