Uncategorized

Terlalu Dini Untuk Mosi Tidak Percaya Kepada Walikota Makassar

34703771_10211928915202485_6576332234326802432_n copy

Oleh : Reza Sulrahman, SH., MH (Ketua DPP GN-PK Sulawesi Selatan )

 

Keinginan Walikota Makassar untuk melakukan pergantian dan atau mutasi PNS/ASN (Pejabat) tentu harus berdasarkan UU. No. 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara (ASN).

Belum lagi di dengar pendapatnya Walikota Makassar terkait keinginannya melakukan kebijakan itu, sudah terjadi pertentangan oleh beberapa Anggota DPRD Kota Makassar dengan mengusulkan Mosi Tidak Percaya Kepada Walikota Makassar.

Berdasarkan di atas saya melihat terjadi kembali perseteruan antara Dewan dan Walikota terkait hal itu. Sehingga masyarakat dipertontonkan hal-hal yang diluar tugasnya masing-masing.

Perlu kiranya diketahui mengenai mutasi dan atau terjadi pergantian pejabat, itu harus ada pertimbangan-pertimbangannya dan berdasarkan Penilaian Kinerja, Misalnya orang tersebut sudah tidak baik, tidak fokus, dan sudah diberi peringatan. Untuk itu, maka dapat dilakukan penilaian kinerja PNS agar pernyataan tersebut dapat dinilai dengan objektif, terukur, akuntabel, partisipatif, dan transparan.

Penilaian kinerja PNS bertujuan untuk menjamin objektivitas pembinaan PNS yang didasarkan sistem prestasi dan sistem karier. Penilaian kinerja PNS dilakukan berdasarkan perencanaan kinerja pada tingkat individu dan tingkat unit atau organisasi, dengan memperhatikan target, capaian, hasil, dan manfaat yang dicapai, serta perilaku PNS.

Penilaian kinerja PNS berada di bawah kewenangan Pejabat yang Berwenang pada Instansi Pemerintah masing-masing. Penilaian kinerja PNS didelegasikan secara berjenjang kepada atasan langsung dari PNS.

Penilaian kinerja PNS dapat mempertimbangkan pendapat rekan kerja setingkat dan bawahannya. Hasil penilaian kinerja PNS disampaikan kepada tim penilai kinerja PNS.

Jadi kebijakan Walikota Kota Makassar tentu berdasar sehingga Anggota Dewan tidak perlu gegabah untuk mengeluarkan mosi tidak percaya. Hal yang perlu dilakukan adalah Anggota Dewan memanggil rekannya “Walikota” untuk didengarkan pendapatnya apakah ini sesuai dengan aturan ASN yang berlaku.

34700702_10211928914482467_8375496796285173760_n copy
Reza Sulrahman, SH., MH saat diskusi publik beberapa waktu lalu
Iklan

1 reply »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.