404 Not Found

Maaf, halaman yang anda cari tidak tersedia atau URL yang Anda inputkan salah

Jelang Lebaran 2024, Polri Waspadai Ancaman Teroris

Asisten Kapolri Bidang Operasi (Assop) Irjen Pol. Verdianto Iskandar Bitticaca memberikan keterangan kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (28/3/2024).

Asisten Kapolri Bidang Operasi (Assop) Irjen Pol. Verdianto Iskandar Bitticaca memberikan keterangan kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (28/3/2024).

JAKARTA–Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) mengantisipasi berbagai potensi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) selama liburan Lebaran 2024, salah satunya ancaman terorisme.

Menurut Asisten Kapolri Bidang Operasi (Assop) Irjen Pol. Verdianto Iskandar Bitticaca, isu terorisme sedang marak, menyusul aksi teror di gedung konser Moskow, Rusia.

“Jadi, memang sekarang isu terorisme yang lagi marak, apalagi kemarin kejadian di Rusia,” kata Verdianto dalam acara Latpaops Operasi Ketupat 2024 di Mabes Polri, Jakarta, Kamis.

Jenderal polisi bintang dua itu menjelaskan bahwa ada perilaku meniru bila terjadi aksi teror di luar negeri.

“Memang kadang kala ada kejadian di luar negeri ini menjadi role model oleh pelaku-pelaku yang ada di Indonesia,” katanya.

Hal tersebut yang menjadi atensi jajaran Polri yang tergabung dan misi tugas Operasi Ketupat 2024 untuk antisipasi jangan sampai terjadi letupan (aksi terorisme).

Polri, kata dia, telah menghadiri rapat koordinasi yang dipimpin Menko Polhukam membahas antisipasi serangan teroris usai aksi teror di Rusia terjadi.

“Ikut juga kami antisipasi, dan sudah dirapatkan dengan Menko Polhukam,” kata Verdianto.

Langkah antisipasi ini telah disiapkan, baik oleh Densus 88 Antiteror Polri, BNPT, maupun jajaran intelijen.

“Semua sudah melakukan langkah-langkah antisipasi dan memonitor semua jaringan terorisme di Indonesia,” katanya.

Baik Polri maupun BNPT mencatat pada tahun 2023 nihil terjadi kasus serangan terorisme.

Densus 88 Antiteror Polri selama 2023 menangkap dan mengungkap 143 tersangka teroris yang tersebar di wilayah Indonesia.

 

Pantau Gereja

Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol. Gidion Arif Setyawan S.I.K, S.H didampingi oleh Wakapolres Metro Jakarta Utara AKBP Wiraga Dimas Tama, S.I.K, M.Si, Kasat Intelkam Polres Metro Jakarta Utara AKBP Ananto Herlambang, S.I.K, M.M serta anggota Polres Jajaran melakukan pengecekan di beberapa Gereja di wilayah hukum Jakarta Utara. Kamis (28/03/24)

Kegiatan ini dilakukan untuk mengecek kesiapan peringatan Jumat Agung wafatnya Isa Al Masih yang akan diselenggarakan besok hari Jumat, 29 Maret 2024.

Adapun titik pengecekan yang dilakukan oleh Kapolres Metro Jakarta Utara meliputi Gereja Kristen Indonesia di wilayah Koja, Gereja Katolik Santos Fransiskus Xaverius Paroki di wilayah Kelapa Gading dan Gereja Stasi Santo Andreas Kim Tae Gon di wilayah Kelapa Gading.

Penangkapan ini, menurut dia, merupakan upaya Polri dalam memberantas di Tanah Air.

Cek Kesiapan Pelabuhan Bakauheni, Kakorpolairud : Pelayanan Harus Lebih Baik Dari Tahun Sebelumnya

Kepala Korp Kepolisian Perairan dan Udara (Kakorpolairud) Polri Irjen Polisi M Yassin Kosasih  memantau persiapan pengamanan jalur mudik Lebaran 2024 di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Kamis (28/3/2024).

Kepala Korp Kepolisian Perairan dan Udara (Kakorpolairud) Polri Irjen Polisi M Yassin Kosasih  memantau persiapan pengamanan jalur mudik Lebaran 2024 di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Kamis (28/3/2024).

JAKARTA–Kepala Korp Kepolisian Perairan dan Udara (Kakorpolairud) Polri Irjen Polisi Yassin Kosasih  memantau persiapan pengamanan jalur mudik Lebaran 2024 di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Kamis (28/3/2024).

Irjen Yassin datang langsung ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung, untuk memastikan kesiapan pengamanan arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 2024. “Saya melaksanakan pengecekan kesiapan khususnya di wilayah Lampung ini,” ujar Irjen Yassin.

Pengecekan ini dilakukan sebelum digelarnya Operasi Ketupat 2024 yang dimulai pada tanggal 4 April hingga 16 April 2024. Piihak ASDP dan Polda Lampung juga sudah menyiapkan langkah-langkah antisipasi untuk pengamanan di pelabuhan ini.

“Tadi saya juga sudah mendengarkan pemaparan dari General Manajer PT ASDP Cabang Bakauheni dan Polda Lampung terkait bagaimana untuk mengantisipasi lonjakan pemudik pada mudik tahun 2024 ini,” tuturnya.

Dijelaskan, hasil rapat kordinasi Polri, pihaknya menurut Irjen Yassin memprediksi akan adanya lonjakan jumlah pemudik pada tahun 2024. “Sekitar 50 atau 60 persen kenaikannya.”

Irjen Yassin berharap para petugas khususnya di Pelabuhan Bakauheni untuk memastikan keamanan dan pelayanan bagi para calon pemudik..”Harapan kami ya tentu tidak ada penumpukan kendaraan serta pelayanan Polri harus ditingkatkan lagi dan harus lebih baik lagi dari tahun sebelumnya,” imbuhnya

Amankan Sidang Lanjutan PHPU di MK, Polisi Siapkan Lokasi Khusus Untuk Menyampaikan Aspirasi

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro menghimbau kepada warga masyarakat yang akan menyampaikan aspirasi pagi ini agar tertib dan memperhatikan hak-hak masyarakat lain.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro menghimbau kepada warga masyarakat yang akan menyampaikan aspirasi pagi ini agar tertib dan memperhatikan hak-hak masyarakat lain.

JAKARTA–Sidang lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Presiden Umum Presiden dan Wakil Presiden (PHPU Presiden) tahun 2024, personel Kepolisian disiagakan untuk menjaga keamanan di gedung Mahkamah Konstitusi (MK). Kamis (28/03/2024).

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro mengatakan, “Kami siap untuk melakukan pengamanan sidang lanjutan PHPU di gedung MK dan kami dari pihak Kepolisian juga akan menyiapkan lokasi tertentu untuk penyampaian aspirasi masyarakat.

“Jumlah pasukan yang kami turunkan sejumlah 1.578 personel gabungan yang nantinya akan mengamankan kegiatan di gedung Mahkamah Konstitusi (MK), baik itu dari sisi dalam maupun dari sisi luar” ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat.

Lebih lanjut Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro menghimbau kepada warga masyarakat yang akan menyampaikan aspirasi pagi ini agar tertib dan memperhatikan hak-hak masyarakat lain.

“Kami menghimbau, siapa saja yang akan menyampaikan pendapat di muka umum, agar tertib, menjaga kedamaian dan mematuhi aturan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang penyampaian pendapat hak setiap warga negara” tuturnya.

“Tidak lupa Kapolres menegaskan kepada seluruh personel yang terlibat pengamanan untuk selalu bertindak persuasif, tidak terprovokasi, mengedepankan negoisasi, pelayanan serta humanis,” katanya.

Berbagi Kebahagiaan di Bulan Ramadhan, Kapolres Jakarta Pusat Gelar Doa Dan Tauziah Bersama Anak Yatim

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro S.H., S.I.K., M.Si melaksanakan kegiatan santunan dengan anak Yatim dari Yayasan Al Falah Kemayoran Jakarta Pusat. Rabu (27/3/2024).

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro S.H., S.I.K., M.Si melaksanakan kegiatan santunan dengan anak Yatim dari Yayasan Al Falah Kemayoran Jakarta Pusat. Rabu (27/3/2024).

JAKARTA- Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro S.H., S.I.K., M.Si bersama Pejabat Utama dan Bhayangkari melaksanakan kegiatan santunan dengan anak Yatim dari Yayasan Al Falah Kemayoran, Jakarta Pusat. Rabu (27/3/2024).

“Kegiatan ini sekaligus memperingati Malam Nuzulul Qur’an 17 Ramadhan 1445 Hijriah, kita bersama-sama berbagi dengan anak Yatim yang memerlukan uluran tangan kita semuanya.” Tutur Susatyo

Selain berbagi kepada anak Yatim juga diadakan ceramah oleh Ustad Muhammad Hafis untuk mengingatkan kita supaya berbuat kebaikan dalam bulan Ramadhan, dan menjauhi perbuatan tercela.

“Kegiatan ini merupakan wujud nyata dan komitmen Polres Metro Jakarta Pusat dalam mempererat hubungan dengan masyarakat serta berbagai kebahagiaan di bulan Ramadhan. Semoga kegiatan ini dapat menjadi inspirasi kepada warga lainnya untuk membantu warga maupun anak yatim, sehingga terjalin tali silaturahmi dan solidaritas sosial.” kata Kapolres.

Kasus Bensin Dicampur Air di Bekasi, Sopir Culas dan Kernet Mobil Tangki Terancam Pidana 6 Tahun

Polisi menyita barabg bukti berupa selang yang digunakan pelaku untuk  menukar bensin dengan air (foto : Humas PMJ)

Polisi menyita barabg bukti berupa selang yang digunakan pelaku untuk menukar bensin dengan air (foto : Humas PMJ)

JAKARTA— Satreskrim Polres Metro Bekasi Kota akhirnya menetapkan 3 (Tiga) tersangka tindak pidana penyalahgunaan niaga BBM bersubsidi yang mengakibatkan BBM jenis Pertalite dicampur dengan air.

Kasus ini sempat viral di media sosial dan menjadi sorotan masyarakat karena akibat pemakaian BBM bercampur air mengakibatkan 2 kendaraan roda empat dan 12 sepeda motor mengalami mogok.

“Kasus ini terjadi pada hari Senin, tanggal 25 Maret 2024 pukul 21.00 WIB ditemukan adanya beberapa kendaraan bermotor (Ranmor) yang mogok setelah melakukan pengisian BBM jenis Pertalite di SPBU 43-17106 Jl. Insinyur H. Juanda No.58/100,Marga Jaya, Kec. Bekasi Selatan, Kota Bekasi,” kata Kasat Reskrim AKBP M. Firdaus kepada media, Rabu (27/3/2024).

Selanjutnya, mendapatkan laporan tim Satreskrim Polres Metro Bekasi Kota melakukan pengecekan ke SPBU dan mengamankan 2 botol ukuran masing-masing botol 600 ml sebagai sampel BBM Pertalite yg di duga bercampur dengan air setelah sebelumnya mengintrogasi Supervisor SPBU.

Tindak lanjut tim Satreskrim Polres Metro Bekasi Kota dan Pertamina Regional Jawa bagian Barat melakukan investigasi gabungan terkait adanya dugaan BBM Pertalite bercampur dengan air di SPBU 43-17106.

“Besoknya, tim Reskrim Polres Metro Bekasi Kota beserta pihak Pertamina Regional Jawa Bagian Barat melakukan pengecekan langsung ke lokasi SPBU, terdapat 4 dispenser BBM Pertalite yg diduga bercampur dengan air dan dari hasil pemeriksaan tidak ditemukan kebocoran pada tangki,” ucap Firdaus.

Hari itu juga, sekitar pukul 21.00 WIB hasil investigasi gabungan dari Sat Reskrim Polres Metro Bekasi kota dengan pihak Pertamina Regional Jawa Bagian Barat berhasil mengamankan 2 (dua) orang pelaku AMT (Awak Mobil Tangki) Nana Nasrudin atau Nana (32) sebagai sopir dan Muhamad Apip atau Apin (27) sebagai kenek di Pool Terminal Depo Cikampek Jl. A. Yani No. 105 Dawuan Barat Kec. Cikampek Kab. Karawang.

Selanjutnya Kasat Reskrim Polres Metro Bekasi Kota, Kanit Krimsus dan personil unit Krimsus membawa para pelaku untuk dilakukan pengembangan.

Dari hasil pengembangan, lanjut Firdaus kemudian mengamankan 3 (tiga) orang pelaku yaitu Andre Darma (67) Engkos (51) dan Subarna di SPBU 34.41341 beralamat dijalan Anggadita desa Klari Kec. Karawang Timur Kab. Karawang. Para pelaku tersebut sebagai pembeli BBM jenis Pertalite.

“Tim Sat Reskrim mengamankan barang bukti selang air dan selang Lison yang digunakan para pelaku untuk melakukan tindak pidana penyalahgunaan niaga BBM bersubsidi jenis Pertalite dimana selang Lison digunakan untuk memindahkan BBM Pertalite dari Truk Tangki ke Bak penampungan dan Selang air untuk mengisi air kedalam truk tangki mengantikan isi BBM yang berkurang,” lanjutnya.

Modus kerjanya pelaku kata Firdaus, pelaku Nana (supir) dan pelaku Apin (kenek) membawa BBM jenis Pertalite kapasitas 32 KL dengan menggunakan mobil tangki D 9538 YB dari depot pool terminal Cikampek.

Selanjutnya pelaku Nana dan pelaku Apin mengirimkan BBM ke tujuan pertama yaitu SPBU 3441341 Klari Kab. Karawang dan menurunkan BBM Jenis Pertalite sebanyak 8 KL.

Selesai melaksanakan pengiriman, lalu pelaku Nana dan pelaku Apin menawarkan BBM Pertalite kepada pelaku Engkos selaku security di SPBU tersebut dan pelaku Engkos menerima tawaran nya selanjutnya pelaku Nana dan pelaku Apin menurunkan kembali BBM Pertalite sebanyak 1.800 Liter dengan cara memasang selang Lison dari mobil tangki BBM jenis Pertalite ke Dombak (ruang kosong penyimpanan).

“Dari transaksi itu, Pelaku Nana dan pelaku Apin menerima uang sebanyak Rp. 14.000.000 kemudian pelaku Nana dan pelaku Apin mengisi air kedalam kompartemen 4 yang nanti nya akan diturunkan di SPBU 3417107 atau  (TKP),” kata Firdaus.

Setelah menerima bayarannya, pelaku Nana dan pelaku Apin melanjutkan perjalanan ke tujuan selanjutnya yaitu SPBU 3417107 Juanda kota Bekasi (TKP) dan menurunkan BBM jenis Pertalite yang sudah terkontaminasi dengan air dan menjadi viral di media sosial.

“Untuk para pelaku, Pasal yang dipersangkakan Pasal 40 angka 9 UU Nomor 6 tahun 2023 tentang Peraturan Pemerintah Pengganti UU Nomor 2 tahun 2022 tentang Cipta Kerja menjadi UU perubahan atas Pasal 55 UU Nomor 2 tahun 2021 tentang Migas  dengan pidana 6 tahun dan denda paling tinggi Rp 60 miliar,” kata Firdaus. (Humas PMJ)

15 Hari Gelar Operasi Pekat Jaya, Dirreskrimum Polda Metro Jaya ‘Panen’ Tersangka

Sebagian dari tersangka pelaku kejahatan yang terjaring operasi PEKAT digiring ke gedung Dirreskrimum Polda Metro Jaya, Rabu (27/3/2024).(Foto : Humas PMJ)

Sebagian dari tersangka pelaku kejahatan yang terjaring operasi PEKAT digiring ke gedung Dirreskrimum Polda Metro Jaya, Rabu (27/3/2024).(Foto : Humas PMJ)

JAKARTA—Tidak tanggung-tanggung, sebanyak 352 kasus berhasil diungkap Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya lewat gelar Operasi Penyakit Masyarakat (PEKAT) yang berlangsung berlangsung selama 15 hari, terhitung  sejak 1 hingga 15 Maret 2024.

“Operasi PEKAT bertujuan memberantas segala bentuk tindak kriminal serta mencegah tindak kriminal lainnya. Ini dalam rangka memelihara dan meningkatkan stabilitas kamtibmas menjelang bulan suci Ramadhan di wilayah hukum Polda Metro Jaya, ” kata Dirreskrimum Polda Metro Jaya Kombes Wira Satya Triputra, Rabu (27/3/2024).

Wira menyebut dari 352 kasus yang diungkap,  71 kasus diantaranya target operasi(TO) dan 281 kasus non (TO). “Jumlah tersangka sebanyak 409 tersangka,” ujarnya.

Sementara untuk jenis-jenis kejahatan TO dalam Operasi Pekat 2024 terbanyak, yakni kasus pencurian motor (curanmor) sebanyak 182 kasus, pencurian dengan pemberatan (curat) sebanyak 59 kasus dan pencurian dengan kekerasan (curas) sebanyak 14 kasus.

“Non TO yakni, kasus peredaran minuman keras sebanyak 132 botol, kasus pencurian sebanyak 24 kasus, UU darurat 21 kasus, judi ada 13 kasus, pembunuhan 3 kasus, pemerasan 3 kasus, penganiayaan berat 6 kasus, dan lain-lain 23 kasus, ” ucapnya.

Total barang bukti yang disita yaitu, mobil 7 unit, motor 117 unit, senjata api 3 pucuk, senjata tajam 48 bilah, uang tunai Rp13,6 juta, ponsel 106 unit, laptop 187 unit dan minuman keras 132 botol.

Para tersangka dikenakan sejumlah pasal yakni pasal 340 KUHP (pembunuhan) maksimal seumur hidup atau mati, pasal 365 KUHP (curas) maksimal sembilan tahun, pasal 303 KUHP (judi) maksimal sepuluh tahun.

Kemudian UU Darurat No 12 Tahun 1951 pidana penjara paling lama 20 tahun, kasus pemerasan dikenakan pasal 368 KUHP dengan pidana penjara paling lama 12 tahun, ucap Wira.

Truk Pengangkut Sofa Hajar 6 Kendaraan di Gerbang Tol Halim, Tak Ada Korban Jiwa

JAKARTA—Diduga akibat sopir truk memacu kendaraannya terlalu kencang tabrakan beruntun pun tak terhindarkan. Insiden yang sempat menimbulkan kemacetan ini terjadi di Gerbang Tol Halim Perdana Kusuma, Jakarta Tumur, Rabu (27/03/2024)

Kepolisian masih mendalami penyebab kecelakaan yang terjadi pada Rabu (27/3/2024) dengan melibatkan tujuh kendaraan tersebut. Sopir truk yang mengalami luka luka sudah diamankan di RS UKI, Jakarta Timur. “Masih kita dalami penyebabnya,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman.

Sementara itu, Kepala Satuan Polisi Jalan Raya (PJR) Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Hasby Ristama menjelaskan,  kecelakaan bermula saat kendaraan truk bernopol pelat BG 8420 VB dengan pengemudi berinisial MI (18) melebihi muatan.

Truk bermuatan sofa itu menabrak kendaraan pelat pelat B 2780 TYB dan kendaraan berwarna hitam En1505 MR di posisi 300 meter sebelum gerbang tol.

Sopir truk berencana melewati mobil Brio dan Expander, dalam kecepatan tinggi masuk gardu 3 dan menabrak mobil Isuzu pick up Z 8445 AH sampai terpental ke gardu 5.

Truk maut itu kemudian menabrak mobil Hyundai putih B 1061 SPW kemudian berturut-turut menabrak mobil box putih D 8633 YR dan truk kuning terbalik. Akibat hantaman cukup keras, mobil Isuzu pikap putih terpental masuk ke lanjur 5 dan menabrak mobil Yaris B 1103 KRT.

Empat orang mengalami luka lebam dan dada sesak, tidak ada korban jiwa. Sementara

PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division menyebutkan, kecelakaan beruntun yang melibatkan tujuh kendaraan di Gerbang Tol Halim Utama, Jakarta Timur, Rabu pagi, disebabkan sopir truk engkel ugal-ugalan.

Kendaraan truk datang dari arah Jatiwaringin dan berkendara secara tidak teratur mendekati Gerbang Tol Halim Utama. Truk menabrak beberapa kendaraan di depannya dan berakhir terbalik miring.

Imbas dari kecelakaan tersebut, tiga gardu tol Halim Utama sementara ditutupdan mengoptimalkan kapasitas gardu yang dapat beroperasi

Polri Luncurkan Hotline Khusus Rekruitmen Anggota Baru Tahun 2024

Asisten Kapolri Bidang SSDM, Irjen Pol. Dedi Prasetyo di Jakarta, Selasa (26/3/2024). (Divisi Humas Polri)

Asisten Kapolri Bidang SSDM, Irjen Pol. Dedi Prasetyo di Jakarta, Selasa (26/3/2024). (Divisi Humas Polri)

JAKARTA—Ini kabar gembira bagi para pemuda dan pemudi yang ingin berkarir di kepolisian. Biro Sumber Daya Manusia (SSDM) Polri telah meluncurkan hotline khusus terkait penerimaan anggota baru tahun 2024, sehingga masyarakat mudah mendapatkan informasi seputar penerimaan.

“Lewat hotline itu masyarakat bisa mengakses seluruh informasi seputar penerimaan anggota Polri,” kata Asisten Staf Bidang Sumber Daya Manusia (As-SDM) Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Jenderal polisi bintang dua itu menjelaskan informasi yang dapat diakses melalui hotline tersebut mulai dari apa saja yang menjadi syarat penerimaan, jadwal penerimaan, sampai pengaduan terkait proses penerimaan anggota Polri ini.

Dia mengatakan Hotline Rim Polri tersebut bisa diakses masyarakat melalui nomor 1500 598 dan 021 8060 2198 yang langsung terhubung dengan petugas dari SDM Polri.

Selain itu, kata dia, masyarakat juga bisa mengakses via aplikasi pesan singkat Whatsapp dan Telegram di nomor 0813 9920 9898.

Masyarakat juga dapat memantau seluruh perkembangan penerimaan anggota Polri melalui akun media sosial resmi SDM Polri.

“Masyarakat bisa mengikuti akun media sosial penerimaan anggota Polri di akun Instagram @REKRUTMEN_POLRI, Facebook REKRUTMEN POLRI dan X REKRUT_POLRI,” kata Dedi.

Kemarin, Polri telah membuka pendaftaran rekrutmen terpadu anggota Polri tahun anggaran 2024. Pendaftaran dibuka secara gratis. (net)

 

Rosan Roeslani: Gempita Bagian dari Paguyuban Solidaritas Nasional

Rosan Roeslani menerima Plakat Gempita. Dari kiri: Waketum Roso Daras, Ketua Dewan Pembina Suratman, SP, Rosan Roeslani, Ketum Alfonso FP, dan Sekjen Fadly Abdurachmansyah, ST/foto: dok Gempita

Rosan Roeslani menerima Plakat Gempita. Dari kiri: Waketum Roso Daras, Ketua Dewan Pembina Suratman, SP, Rosan Roeslani, Ketum Alfonso FP, dan Sekjen Fadly Abdurachmansyah, ST/foto: dok Gempita

JAKARTA — Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN), Rosan Roeslani mengaku kaget dirinya didaulat menjadi Ketua Paguyuban Solidaritas Nasional. Yang mendaulat adalah Presiden terpilih, Prabowo Subianto pada Silaturahmi dan Bukber TKN Prabowo – Gibran, di Ritz Carlton, Kuningan, Jakarta Selatan (25/3/2024).

“Saya selalu berkomunikasi dengan pak Prabowo, tetapi belum sampai pembahasan paguyuban. Makanya saya kaget ketika beliau mengumumkan soal Paguyuban Solidaritas Nasional,” kata Rosan. Ia menyampaikan hal itu saat menerima audiensi pengurus DPP Gempita (Gerakan Milenial Pencinta Tanah Air) di kantornya, Recapital Building, Melawai, Selasa (26/3/2024).

Adapun pengurus Gempita yang beraudiensi dengan Rosan dipimpin Ketua Umum Alfonso Ferry Pahotan, SH, MH. Turut mendampingi, Ketua Dewan Pembina Suratman, SP, Waketum Roso Daras, dan Sekjen Fadly Abdurachmansyah, ST.

Dalam kesempatan itu, Alfonso menyerahkan plakat dan buku Laporan Kegiatan Pelaksanaan Mandat Pemenangan Prabowo-Gibran dalam bentuk hard copy dan barcode videografi. “Kami bekerja atas dasar mandat Bapak Hashim Djojohadikoesoemo dan Habib Luthfi. Laporan pertama kepada Pak Rosan selaku Ketua TKN, karena pekerjaan kami beririsan dengan TKN,” ujar Alfonso.

 

Ketua TKN Rosan Roeslani menerima pengurus DPP Gempita, di kantornya Recapital, Melawan, Jakarta Selatan, Selasa (26/3)/foto: dok Gempita

 

Gempita Bersama TKN

Rosan Roeslani menyambut baik laporan Gempita, dan mengucapkan terima kasih. “Dari awal, Gempita sudah bersama-sama TKN dalam kerja keras memenangkan Prabowo – Gibran satu putaran. Atas nama TKN, saya mengucapkan terima kasih dan semoga berlanjut,” ujar Rosan yang mantan Wamen BUMN itu.

Rosan kembali menyitir harapan Presiden terpilih Prabowo Subianto, ihwal Paguyuban Solidaritas Nasional. Intinya Prabowo berpesan, tugas TKN harus berakhir karena kampanye sudah selesai. Tetapi ia meminta agar paguyuban tidak bubar. Bahkan Prabowo mengusulkan nama paguyuban menjadi Paguyuban Solidaritas Nasional.

Menyitir kalimat Prabowo, Rosan berkata, “Kita tetap satu paguyuban, satu gerakan, yang terdiri dari semua suku, semua agama, semua ras, semua daerah, semua kalangan, bersatu. Bagaimana kalau Ketua TKN langsung menjadi Ketua Gerakan Solidaritas Nasional. Setuju? Dan nanti Ketua Dewan Pembinanya adalah Presiden Republik Indonesia ke-8.”

Peserta silaturahmi dan Bukber TKN sontak bertepuk tangan meriah, dan berseru “Setujuuuuu.” Terlebih, paguyuban ini langsung berada di bawah Presiden RI ke-8, Prabowo Subianto.

Program Gempita

Dalam kesempatan audiensi, Ketum Gempita Alfonso juga menyampaikan program besar ke depan. “Seperti halnya TKN yang berakhir kerjanya, maka Gempita pun berakhir tugasnya sebagai relawan pemenangan Prabowo-Gibran. Gempita siap menjadi organ paguyuban,” tegas Alfonso.

Ketum Gempita meminta masukan dan arahan atas program besar Gempita ke depan, agar linier dengan program Paguyuban Solidaritas Nasional menuju Indonesia Emas 2045. “Lima tahun ke depan, kami akan concern terhadap tiga program besar,” kata Alfonso yang juga pemilik jaringan media itu.

Pertama, fokus pada bidang pendidikan dan pelatihan kewirausahaan (entrepreneurship) generasi muda. Kedua, memberi apresiasi atas prestasi generasi muda Indonesia baik di kancah nasional, regional, maupun internasional. Ketiga, membangun data-base kepemudaan berbasis kewirausahaan.

“Kami percaya dengan statistik, bahwa sebuah negara akan makmur ketika 11 persen populasinya berprofesi pengusaha. Indonesia masih di kisaran 3 persen. Karena itu, Gempita akan mendorong semangat entrepreneurship bagi generasi muda,” tambah Alfonso.

Ditambahkan, yang tak kalah penting adalah membangun budaya apresiatif terhadap karya anak bangsa. “Kita bangun perubahan perilaku masyarakat menjadi perilaku yang apresiatif terhadap setiap karya generasi muda. Salah satunya dengan memberi reward, membuka peluang lebih lebar lebih berkembang, dan lain sebagainya,” katanya.

Sebagai pamungkas Alfonso menyebut pentingnya database kepemudaan berbasis entrepreneurship. “Data yang kami bangun bukan data mati, tetapi data update by system. Ini akan membawa dampak signifikan terhadap perekonomian, utamanya dunia perbankan. Muaranya kesejahteraan,” tegas Alfonso.

Menanggapi program Gempita tersebut, Rosan Roeslani yang juga seorang pengusaha sekaligus diplomat itu menyambut antusias. “Itu sangat bagus, dan paralel dengan concern Pak Prabowo. Untuk itu memang harus melibatkan anak-anak muda,” pungkasnya.(Jay)

Bahagianya Penghuni Panti Jompo Yayasan Bunga Bakung Ministry Dikunjungi Bapak Kapolres

Kapolres Metro Jakarta Utara dan jajaran  menyapa penghuni Panti Jompo Yayasan Bunga Bakung Ministry di Koja, Jakarta Utara, Minggu (24/03/2024)

Kapolres Metro Jakarta Utara dan jajaran menyapa penghuni Panti Jompo Yayasan Bunga Bakung Ministry di Koja, Jakarta Utara, Minggu (24/03/2024)

JAKARTA–Penghuni Panti Jompo Yayasan Bunga Bakung Ministry di Koja, Jakarta Utara merasa bahagia ketika Kapolres Jakarta Utara (Jakut) Kombes Pol Gidion Arif Setyawan dan rombongan datang membawa buah tangan.

Ada sembako, juga kursi roda diberikan pihak Polres Jakarta Utara kepada para penghuni panti jompo. “Ini bagian program sosial yang rutin dilakukan seminggu sekali ini bertajuk ‘Minggu Kasih’ Polres Metro Jakarta Utara,” kata Gidion, Selasa (26/3/2024), dalam keterangan pers yang didapat media ini.

Dalam program Minggu Kasih kali ini, pihak Polres Jakarta Utara mampir ke rumah Panti Jompo Yayasan Bunga Bakung Ministry. “Kami merasa bangga dan bahagia sekali bertemu dengan pemilik serta para penghuni di sini,” ujarnya.

Kombes Gidion berharap, bantuan kursi roda dan paket sembako bagi pemilik dan penghuni yayasan dapat bermanfaat bagi pengurus dan penghuninya. Selain itu pihaknya juga memberikan pelayanan kesehatan kepada penghuni yang ada di panti jompo tersebut.

Sementara itu, pemilik Yayasan Bunga Bakung Ministry, Miske, mengucapkan terima kasih atas kehadiran Kapolres Metro Jakarta Utara bersama jajaran. “Ini merupakan sebuah kehormatan buat kami di sini. Kami merasa bahagia ” ucapnya tersenyum.

Pihaknya berharap Polres Metro Jakarta Utara tetap semangat dalam melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat. “Semoga Bapak Kapolres Metro Jakarta Utara dan jajarannya tetap dalam lindungan Tuhan, jadi berkat dan tetap semangat melayani masyarakat,” imbuhnya.